Doa Pagi dan Quiet Time

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana”. Markus 1 : 35

Mengapa kita harus berdoa di pagi hari ? Harusnya sama saja mau jam berapa kita berdoa tidak ada keharusan atau aturan yang mengharuskan kita berdoa di pagi hari dan Tuhan juga tidak menyuruh kita untuk berdoa pagi-pagi koq, mana ayatnya ? Itu baru satu alasan untuk membenarkan argumentasi kita dan ternyata masih ada lagi alasan lain yang lebih mendekati kebenaran untuk membenarkan pendapat kita. Misalnya tergesa-gesa kesiangan bangun, tidur hingga larut malam (nonton bola), terburu-buru karena ada urusan yang mendesak atau memang malas bangun pagi.

Tuhan Yesus memberikan contoh telandan kepada kita bagaimana seharusnya menggunakan waktu yang tepat untuk berdoa. Di ayat Mark. 1 : 35 Yesus pagi-pagi sekali waktu masih gelap mungkin sekitar jam 4 pagi disaat suasana sepi dan sunyi berdoalah Dia untuk bercakap-cakaplah dengan Bapa. Sangat jelas tertulis di Alkitab kapan waktu yang tepat untuk berdoa di pagi hari seperti dikatakan di dalam Mazmur 5 : 4 “TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku , pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu”.

Mengapa kita harus berdoa pada pagi hari ?

  1. Kita harus mengucap syukur bahwa masih diberikan kesempatan untuk hidup hari ini,
  2. Mengucap syukur atas penjagaan-Nya selama kita istirahat sepanjang malam,
  3. Mengucap syukur kita sudah diberkati pada saat tidur ( Maz. 127 : 2b ),
  4. Minta penyertaan Tuhan untuk segala pekerjaan kita sepanjang hari itu,
  5. Minta hikmat pengertian pada saat kita bersaat teduh,
  6. Minta penyertaan Roh Kudus didalam berkata-kata, berbuat dan berpikir

Ada 6 alasan diatas mengapa kita harus berdoa pada pagi hari karena doa memberi kita kuasa, pengharapan dan kekuatan. Ayat Favorit terpendek 1 Tes. 5 : 17 “ Tetaplah berdoa” artinya kita harus selalu bertekun dalam doa dan selalu diawali pada pagi hari sebelum kita melakukan kegiatan duniawi. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan saat teduh atau Quite Time untuk mendengarkan apa yang Tuhan sampaikan dari Firman Tuhan yang dibaca dan buatlah komitmen bagi hidupmu hari itu.

Komitmen Saya : Mulailah kita memberikan waktu terbaik di pagi hari untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan lakukanlah dengan berlutut di samping tempat tidur, lawanlah semua rasa malas, ngantuk atau alasan lain-lain.

Renungan oleh Ev. Drs. Edward Pipie Jahja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *